UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MTs ALMASRURIYAH BATURADEN KABUPATEN BANYUMAS

MUHAMMAD BUSRO, NIM. 1423303057 (2018) UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MTs ALMASRURIYAH BATURADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
skripsi full Busro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)

Abstract

Guru merupakan faktor penting dalam keberhasilah di dalam sekolah. Guru adalah orang yang harus di gugu dan di tiru, oleh karena itu guru harus memberikan contoh yang baik bagi peserta didiknya. Karena setiap perkataan dan perbuatan seorang guru akan tertangkap oleh ingatan peserta didiknya. Kinerja guru sangat mempengarui tercapainya visi dan misi di suatu sekolah. Ukuran kinerja guru terlihat dari rasa tanggungjawab menjalankan amanah, profesi yang diemban, rasa tanggungjawab moral di pundaknya. Semua itu akan terlihat kepada kepatuhan dan loyalitas di dalam menjalankan tugas keguruan di dalam kelas dan tugas kependidikan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana kinerja guru dan upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas kinerja guru sebagai pendidik MTs Al-Masruriyah Baturaden. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini sumber data adalah kepala madrasah dan waka kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan subjek atau obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kinerja guru dapat ditungkatkan dengan berbagai cara. Dalam meningkatkan kualitas kinerja guru MTs Al-Masruriyah adalah kepala madrasah dan waka kurikulum memberikan kesempatan kepada guru agar mengikuti pelatihan, seminar dan worksop agar kualitas kinerja guru dapat meningkat. Tidak hanya mengikuti pelatihan, seminar dan worksop saja tetapi kepala madrasah dan waka kurikulum memberikan saran agar guru melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, membaca banyak buku, dan mengetahui cara mengoperasikan teknologi yang sudah ada di MTs Al-Masruriyah Baturaden. Sekolah turut mendukung dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kinerja guru dengan kegiatan penilaian kinerja guru (PKG), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), seminar, workshop, dan pelatihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, kinerja guru, pendidikan dan pelatihan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:15
Last Modified: 02 Feb 2019 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4992

Actions (login required)

View Item View Item