STUDI KOMPARATIF BUKU AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2006 (KTSP) DENGAN KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH BERDASARKAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

UMI SANGIDAH, NIM. 1323301208 (2018) STUDI KOMPARATIF BUKU AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2006 (KTSP) DENGAN KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH BERDASARKAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
UMI SANGIDAH_STUDI KOMPARATIF BUKU AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2006 (KTSP) DENGAN KURIKULUM 2013 .PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparatif buku teks Akidah Akhlak untuk kelas X Madrasah Aliyah, khususnya buku Akidah Akhlak Kurikulum 2006 (KTSP) terbitan Bumi Aksara dan buku Akidah Akhlak Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, yang kemudian buku tersebut dianalisis berdasarkan psikologi perkembangan peserta didik. Kajian ini di latarbelakangi oleh perubahan kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Yang mana pada kurikulum 2006 buku teks pelajaran disusun dan diterbitkan oleh berbagai penerbit swasta, sedangkan pda kurikulum 2013 disusun dan diterbitkan langsung oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan buku kurikulum 2006 (KTSP) dengan kurikulum 2013 dalam hal kesesuaiannya dengan psikologi perkembangan peserta didik pada aspek kognitif dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research) dimana data-data dan informasi yang diperoleh berasal dari berbagai macam materi yang terdapat dalam perpustakaan. Kepustakaan dapat berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar dan beberapa tulisan yang mempunyai relevansi dengan pembahasan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ditinjau dari segi isi pokok bahasan, terdapat beberapa persamaan dan perbedaan, adapun persamaannya yaitu terdapat pada kelengkapan materi, dalam buku Akidah Akhlak Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 terdiri dari uraian materi yang meliputi pengertian / definisi, dalil atau ayat yang menjelaskan suatu teori, konsep dasar teori, contoh-contoh, hikmah, serta penerapan teori dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan perbedaannya terdapat pada keluasan dan kedalaman materi, yang mana pada buku kurikulum 2013 materinya lebih banyak (berisi 14 bab) dan pada kurikulum 2006 hanya berisi 7 bab. Kemudian, jika ditinjau dari aspek psikologi perkembangan, secara umum isi pokok bahasan yang terdapat dalam buku Akidah Akhlak kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik kelas X Madrasah Aliyah, hanya saja letak penempatannya berbeda dan pada masing-masing bab tidak mengandung semua aspek psikologi perkembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Buku Akidah Akhlak Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013, kelayakan isi, psikologi perkembangan peserta didik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Aug 2018 23:34
Last Modified: 16 Aug 2018 23:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item