PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS III DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/1017

Subaidah Mama, 1523305003 (2017) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS III DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/1017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SUBAIDAH MAMA_PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari penggunaan media pembelajaran yang beragam dalam mata pelajaran Qur’an Hadits yang berbeda dengan MI lain di purwokerto. Pada hakikatnya media pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media pembelajaran Qur’an Haditskelas III di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran Qur’an Hadits kelas III di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Subjek penelitian adalah guru Qur’an Hadits, siswa dan kepala sekolah. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan media pada mata pelajaran Qur’an hadits. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah guru dalam memilih media pembelajaran menyesuaikan dengan kriteria pemilihan media yang meliputi tujuan, materi, kondisi siswa, ketersediaan media, media yang dipilih dan biaya yang digunakan. Jenis-jenis media yang digunakan meliputi media audio visual gambar, video, buku modul, papan visual dan media proyeksi seperti LCD Proyektor dan slide.Pada tahap penerapan media pembelajaran guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai susunan kegiatan yang akan dilakukan guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran. Dan sebagai bentuk tindak lanjut guru melakukan beberapa teknik evaluasi untuk mengetahui keberhasilan ketercapaian kompetensi dasar. Dalam menyampaikan materi Qur’an Hadits dengan menggunakan media pembelajaran di MI Darul Hikmah Bantarsoka sudah berjalan dengan sangat baik, guru menyesuaikan materi dengan media yang tepat untuk digunakan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media pembelajaran, Qur’an Hadits, Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:07
Last Modified: 11 Sep 2017 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item