METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MUHAMMADIYAH WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Aris Budianto, NIM :1123304020 (2016) METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MUHAMMADIYAH WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
ARIS BUDIANTO_METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MUHAMMADIYAH WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis untuk mengatahui penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits di kelas V MI Muhammadiyah Walik Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Al Quran Hadits MI Muhammadiyah Walik Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disampaikan berupa kata-kata untuk menggambarkan, menjelaskan dan mengungkap kejadian-kejadian selama proses pembelajaran Al Qur'an Hadits di kelas V MI Muhammadiyah Walik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, metode yang digunakan guru di kelas V MI Muhmaadiyah Walik dalam pembelajaran Al Qur'an Hadits yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill, metode diskusi dan metode pemberian tugas. Kedua, penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Muhammadiyah Walik tahun pelajaran 2015/2016 dengan cara ; metode ceramah, guru menjelaskan materi dengan cara menyampaikan materi secara langsung atau lesan kepada siswa sebagai contoh pada kompetensi dasar "Menjelaskan isi kandungan surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur secara sedarhana. Guru menjelaskan didepan kelas materi tersebut secara lisan. Metode tanya jawab, setelah guru menjelaskan secara lesan, guru melakukan tanya jawab dengan terlebih dahulu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, jika tidak ada yang bertanya maka guru yang bertanya. Metode diskusi pelaksanaan metode ini siswa dibagi menjadi empat kelompok dan diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Metode drill digunakan untuk melatih siswa menghafal surat at-Takatsur, pelaksanaan metode ini yaitu dengan cara mengulang ulang bacaaan surat at-Takatsur. Metode resitasi atau pemberian tugas, metode ini diberikan guru untuk mengerjakan tugas duluar kelas / rumah. Bentuk tugasnya individual dan kelompok, metode ini diberikan apabila materi yang disampaikan belum maksimal, metode ini juga untuk merangsang siswa lebih aktif dan rajin. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis, MI Muhammadiyah Walik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:49
Last Modified: 17 Jun 2016 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item