PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MWI) KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS (1950-2017)

Sri Kunta, Choeri Ummatin (2022) PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MWI) KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS (1950-2017). Skripsi thesis, UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SRI KUNTA CHOERI UMMATIN _PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tentunya berdampak pada dunia pendidikan, adanya pondok pesantren yang semakin banyak berkembang seharusnya menjadi perhatian dan dukungan yang lebih oleh berbagi pihak untuk tetap bisa mempertahankan jati diri dalam masing-masing pondok pesantren. Di era yang semakin canggih dunia pendidikan terutama pendidikan pondok pesantren sangat membantu dalam mencegah perilaku menyimpang dari agama dan memberikan pemahaman yang luas tentang islam. Penelitian ini dipusatkan pada kajian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis/sejarah. Peneliti mengikuti para ahli sejarah bahwa ada empat kegiatan pokok dalam meneliti sejarah, yakni heuristik, kritik sumber (verifikasi), interpretasi, dan historiografi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Evolusi Multilinier, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sosial dan historis. Berdasarkan analisa data yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren MWI Kebarongan, Kemranjen Banyumas berdiri disebuah desa Kebarongan pada tahun 1872 M oleh K.H. Muhammad Habib, dengan sistem pendidikan yang terus berkembang mulai dengan sistem sorogan atau badungan sampai klasikal. Mempunyai Three In One System Curiculum yaitu sistem pendidikan pesantren, madrasah, dan umum yang menjadi ciri khas tersendiri pada pondok pesantren tersebut. Dan mengalami perkembangan pesat pada kepemimpinan Drs. H. Munbahij Al Khuluq (2014-2017).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Sejarah, Evolusi Multilinier
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Sri Kunta Choeri Ummatin sdri
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:43
Last Modified: 21 Sep 2022 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item View Item