IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 4 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rofiqoh Nur A, 102338155 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 4 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
abstrak.docx

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
Rofiqoh Nur A_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan saintifik yaitu pendekatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan, pembentukan sikap, kepribadian dan ketrampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan Penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 4 Purwokerto fokus penelitiannya adalah “Bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?” Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang profil, silabus, dan RPP Kurikulum 2013. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sudah berjalan dengan baik. Dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru sudah menyesuaikan dengan silabus, sesuai dengan materi dan langkah-langkah pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data atau informasi, asosiasi, kemudian mengkomunikasikan. Hanya saja pada tahapan menanya lebih banyak dilakukan oleh guru. Kata-kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Nov 2016 03:03
Last Modified: 01 Nov 2016 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item