IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ANISA NUR FITRIANA, 1123305047 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (927kB) | Preview
[img] Text
Anisa Nur F_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembeajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pemaduan tersebut dilakukan dalam dua hal yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan terpadu berbagai konsep dasar yang berkaitan. Pembelajaran tematik integratif memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memberikan pembelajaran yang menyeluruh dan tidak terpisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif di SD Islam Terpadu Annida mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal yang terkait dengan pembelajaran tematik integratif. Adapun tahapan-tahapan pembelajaran tematik integratif di SD Islam Terpadu Annida yaitu a) perencanaan meliputi mencantumkan identitas RPP, menyusun tujuan pembelajaran, menentukan metode dan strategi pembelajaran, menentukan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan scientific dan merencanakan penilaian. b) pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) evaluasi Kata Kunci: Pembelajaran, Tematik Integratif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:51
Last Modified: 19 Oct 2016 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item