PEMBELAJARAN IMLA’ DI MADRASAH ALIYAH MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA

UMI SUSANTI, NIM. 1123302025 (2015) PEMBELAJARAN IMLA’ DI MADRASAH ALIYAH MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI SUSANTI_PEMBELAJARAN IMLA’ DI MADRASAH ALIYAH MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari siswa kelas X di Madrasah Aliyah Mamba‟ul „Ulum Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga, di mana kemampuan menulis merupakan aspek yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa, namun dalam kenyataan mereka mengalami kesulitan dalam menulis, terutama ketika di dikte. Sebagin besar dari mereka masih sulit membedakan huruf yang memiliki kemiripan bunyi dan panjang pendek dalam penulisannya, karena mereka kurang berlatih menulis menggunakan Bahasa Arab. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana pembelajaran imla’ di Madrasah Aliyah Mamba‟ul „Ulum Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran imla’ di Madrasah Aliyah Mamba‟ul „Ulum Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan cara memasuki lokasi penelitian di lapangan. Adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif agar dapat memperoleh data secara mendalam dan dalam keadaan yang sewajarnya, sehingga dapat diketahui dengan detail pembelajaran imla’ di madrasah tersebut dan hal-hal yang berkaitan langsung dengannya. Dengan subjek meliputi guru mata pelajaran Bahasa Arab, dan kepala madrasah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam pembelajaran imla’ di Madrasah Aliyah Mamba‟ul „Ulum Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga menggunakan jenis imla’ manqul, imla’mandhur, imla’ ghairu al-mandhur, dan imla’ ikhtibari. Dalam pembelajarannya memuat tujuan, materi, metode, media, serta evaluasi. Tujuan pembelajaran imla’ agar siswa dapat menulis huruf maupun kalimat dalam Bahasa Aarab dengan baik dan benar. Materi yang digunakan dalam pembelajaran imla’ terkait dengan materi dalam buku paket. Metode yang digunakan dalam pembelajaran imla’ meliputi metode audiolingual dan metode imla‟. Sedangkan media yang ada dalam pembelajaran imla’ yaitu media audio yang diaplikasikan dengan kata-kata atau bahasa lisan yang disampaikan oleh guru itu sendiri, dan media visual yang meliputi papan tulis, buku tulis, spidol, pena, dan ruang kelas. Serta evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran imla’ menggunakan evaliasi sumatif dan evaluasi formatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Imla'
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Oct 2016 07:41
Last Modified: 07 Oct 2016 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item