PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SANTRI KOMPLEK UMMU SULAIM ATAS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES

JANATIN MEIRONAH ARTO, NIM. 1223302022 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SANTRI KOMPLEK UMMU SULAIM ATAS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah antara guru dan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa agar mampu mengetahui, memahami dan mengembangkan kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Santri Komplek Ummu Sulaim Atas di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif.Dalam melakukan pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap yaitu pertama adalah reduksi data (Data Reduction) penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak di butuhkan. Langkah yang kedua adalah penyajian data (Data Display) dan yang terakhir adalah penerikan ksimpulan (Cunclution Drawing atau Verification) Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Santri Komplek Ummu Sulaim Atas di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes, menggunakan buku panduan yang berjudul Cool In Book dan dalam penerapan pembelajaran pembelajaran nya sudah berjalan baik dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1). Tutor dari departement KSPD (Klub Study Pengembangan Diri) memberikan 2 atau 3 kosa kata (Mufradat) kepada santri. 2). Tutor mengintruksi kepada santri untuk menghafalkan kosa kata yang sudah di kasih 3). Tutor menyuruh santri untuk membuat kalimat dari kosa kata (Mufradat) yang telah di hafal. 4). Tutor menunjuk salah satu untuk membacakan hasil membuat kosa kata tersebut. 5). Tutor menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran tadi. Dan kegiatan akhir Tutor menutup pelajaran dengan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Komplek Ummu Sulaim Atas Pondok Pesantren Al-Hikmah 2
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:29
Last Modified: 28 Sep 2016 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item