PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siti Maesaroh, 092334119 (2014) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Siti Maesaroh_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian terkait penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Bancarkenbar Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 Karena dalam perkembangannya SD tersebut menggunakan media yang variatif dan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar,.dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Bancarkembar Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini adalah metode observasi partisipasi, dukumentasi, wawancara, metode angket. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas satu sampai dengan kelas enam sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses belajar mengajar di kelas. Data dan informasi yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian adalah bahwa jenis media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, di antaranya adalah media papan tulis, media buku pelajaran anak, LKS (lembar kerja siswa), buku pegangan dan buku penunjang, media gambar, meliputi; gambar orang sholat, gambar orang berwudhu, gambar orang yang bertayamum, tape recorder dan kaset pita, media tiga dimensi meliputi perlengkapan sholat, perlengkapan wudhu, perlengkapan berbuka puasa, kartu kalimat / kartu kata, bagan arus serta juz ’ama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan belajar mengajar guru pendidikan agama Islam dengan penggunaan media pembelajaran berhasil dengan sangat baik, dengan indikasi siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran, lebih aktif, lebih mudah paham, termotivasi, anak tidak merasa jenuh serta meningkatkan prestasi anak. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran antara lain penguasaan materi dengan kondisi anak yang termotivasi, ketepatan dalam memilih media, metode yang di gunakan, variasi penggunaan metode dan media, sedangkan faktor yang menghambat adalah keterbatasan media yang disediakan oleh sekolah, waktu pembelajaran yang kurang, dan kurangnya perhatian yang cukup dari orang tua. Kata Kunci: Media Pembelajaran. Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:01
Last Modified: 23 Sep 2016 08:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item