PERAN MAJELIS TAKLIM JAMIAH AN-NAJAH TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS KEAGAMAAN JAMAAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN BERSOLE KELURAHAN KARANGPUCUNG, KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN, BANYUMAS (2014-2019)

Novian Iqbal, Fahrurozi (2021) PERAN MAJELIS TAKLIM JAMIAH AN-NAJAH TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS KEAGAMAAN JAMAAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IEN BERSOLE KELURAHAN KARANGPUCUNG, KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN, BANYUMAS (2014-2019). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novian Iqbal Fahrurozi_MAJELIS TAKLIM JAMIAH AN NAJAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi tentang Majelis taklim an-Najah mulai dari latar belakang didirikan hingga mengalami perkembangan. Dalam perkembanganya, Majelis taklim an-Najah dapat dikatakan mengalami kemajuan. Hal ini dapat dilihat dari segi jumlah jama‟ah, pada awalnya majelis taklim an-Najah hanya di ikuti dari santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi‟ien Bersole yang berjumlah enam orang. Dari segi kualitas juga mengalami perubahan yang lebih baik. Contohnya dari segi keagamaan yang awalnya di lingkungan Kelurahan Karangpucung sebagian masyarakat khususnya remaja masih belum menjalankan ibadah. Setelah mengikuti dan mendapat ilmu dari Majelis taklim an-Najah dengan penuh kesadaran sekarang mulai menjalankan ibadah seperti sholat, puasa, dan lainya. Kontribusi Majelis taklim an-Najah dapat dilihat dari segi dakwahnya melalui pengajian yang dilaksanakan pada minggu ke tiga setiap bulan. Selain dakwah Pengajian, Majelis taklim an- Najah memberikan pengajaran dalam hal praktek peribadahan secara langsung, sehingga jama‟ah dapat mudah untuk memahaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Majelis Taklim an-Najah, Perkembangan, Kontribusi.
Subjects: 000 Generalities > 060 General organization and museology
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Novian Iqbal Fahrurozi sdr
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:29
Last Modified: 28 Oct 2021 22:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item