PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MURYUNIARSIH, NIM. 102323071 (2014) PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MURYUNIARSIH_PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG YOGYAKARTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

CSR merupakan komitmen dan aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai wujud tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Islam mengajarkan tanggung jawab agar mampu mengendalikan diri dari tindakan melampaui batas kewajaran dan kemanusiaan. Tanggungjawabinimencakuptanggungjawabkepada Allah, kepadasesamadanlingkungannya yang terkonsep dalam etika bisnis Islam. Salah satu perusahaan swasta nasional yang menjalankan CSR adalah PT. Indomarco Prismatama cabang Yogyakarta yang dikenal dengan sebutan Indomaret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan CSR di Indomaret cabang Yogyakarta jika ditinjau dalam ekonomi Islam. Subyek dalam penelitian ini adalah supervisor development bagian divisi marketing yang menangani CSR di Indomaret cabang Yogyakarta dan masyarakat yang merasakan dampak dari kegiatan CSR tersebut.Penelitianinitermasukjenispenelitianlapangan (field research).Dalampengumpulan data penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengelolaan CSR di Indomaret cabang Yogyakarta masih di bawah kendali divisi marketing. Secara umum, CSR Indomaret cabang Yogyakarta bergerak di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan sosial. Jenis programnya berbentuk cause promotions yaitu program yang mengajak konsumen Indomaret untuk berpartisipasi dalam berbagai program sosial Indomaret sehingga secara tidak langsung Indomaret cabang Yogyakarta dapat meningkatkan citra perusahaan. Ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam,dariempataksioma yang mencakupunity (tauh}i>d), equilibrium (‘adl), free will (ikhtiya>r), danresponsibility (al-mas'u>liyyah)adasatuaksioma yang tidaktergambardalam program CSR Indomaretyaituequilibrium (‘adl). Namun, setidaknya CSR Indomaret cabang Yogyakarta sudah mensinergikan konsep tripple bottom line, yaitu konektisitas antara keputusan pengambilan keuntungan (profit), kepedulian terhadap masyarakat (people) dan untuk menjaga keseimbangan lingkungan (planet).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSR, Etika Bisnis Islam, Ekonomi Islam, Indomaret cabang Yogyakarta.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:37
Last Modified: 14 Sep 2016 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item