Syarif, Hidayat (2021) EVALUASI PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
EVALUASI PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan diri adalah kegiatan yang berkenaan dengan masalah diri pribadi kehidupan sosial dan pengembangan karir peserta didik. Di Madrasah Aliyah Maarif NU 1 Cilongok dimana penelitian ini dilakukan, penelitian ini akan mengkaji tentang evaluasi pengembangan diri siswa yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Maarif NU 1 Cilongok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pengembangan diri siswa di Madrasah Aliyah Maarif NU 1 Cilongok meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi process dan evaluasi product. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis dan keabsahan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka kesiswaan ,guru pembimbing pengembangan diri siswa berupa program ketrampilan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi terhadap Konteks Pengembangan diri siswa (program ketrampilan) meliputi landasan undang-undang sistem pendidikan nasional, visi, misi, latar latar belakang kebutuhan masyarakat, identifikasi kelemahan dan kekuatan, serta wujud perbaikan program sebelumnya.(2) Evaluasi terhadap input pengembangan diri siswa yang terdiri dari: (a) Rapat kerja tahunan,(b) membuat tim program,(c) pemilihan keterampilan,(d) penyusunan program kerja keterampilan,(e) sosialisasi peserta didik, (f) persiapan monitoring pelaksanaan program. (3) Evaluasi terhadap Process program pendidikan keterampilan yang terdiri dari: (a) persiapan pembimbing keterampilan,(b) penataan sarana dan prasarana,(c) mengkondisikan peserta didik,(d) praktek keterampilan,(e) penilaian. Pelaksanaan masing-masing program keterampilan antara lain (a) pemberian teori, (b) pengarahan praktik,(c) praktik,(d) penilaian.(4) Evaluasi terhadap Product program pendidikan keterampilan meliputi manfaat pendidikan keterampilan. Kata Kunci :Evaluasi pengembangn diri, Evaluasi Konteks, Evaluasi Input, Evaluasi Process, Evaluasi Product
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan diri siswa, evaluasi context, evaluasi input, evaluasi proces, evaluasi product |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdr Syarif Hidayat |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 23:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 23:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9984 |
Actions (login required)
View Item |