PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR'AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS

Wahyu Albar, Sutisna (2021) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR'AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.....pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wahyu Albar Sutisna_PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QURAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Oleh karena itu anak perlu diarahkan ke hal-hal poitif. Salah satunya adalah menghafal Al-Qur‟an agar anak memiliki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur‟an, mengingat zaman sekarang akhlak remaja banyak yang menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur‟an. Program ekstrakurikuler tahfidzul qur‟an merupakan program unggulan yang di tawarkan oleh MI Ma’arif NU Karangnangka. Diterapkan adanya tahfidzul qur‟an agar anak lebih sering membaca Al-Qur‟an serta lebih mencintai Al-Qur‟an serta mendalami isi kandungan al- Qur‟an sehingga lebih mengingat isi kandungan yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidzul qur‟an, metode menghafal yang diterapkan, faktor pendukung dan penghambat menghafal al-Qur‟an yang ada di MI Ma’arif NU Karangnangka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Field Research) yaitu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena- fenomena yang terjadi. Penelitian ini berifat deskriptif kualitatif. Penelian kualitatif bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami subjek penelitian seperti perilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus dana alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan program ekstrakurikuler tahfidzul quran di MI Ma’arif NU Karangnangka terdiri dari tiga kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan yang diterapkan berupa setoran hafalan, sima‟an dan muraja‟ah. Adapun proses hafalan dilakukan dengan metode talaqqi, tasmi‟ dan takrir. Secara umum siswa menghafal dengan metode seluruhnya maupun bagian. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses menghafal dikelompokan menjadi dua yaitu faktor pndukung dan faktor penghambat. Kata Kunci: Pelaksanaan Program, Ekstrakurikuler dan Tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR’AN
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyu Albar Sutisna sdr
Date Deposited: 27 Feb 2021 23:04
Last Modified: 27 Feb 2021 23:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9971

Actions (login required)

View Item View Item