MUKHAMMAD, WAKHIDDIN (2021) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DALAM MENDISEMINASI NILAI-NILAI ISLAM DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
Mukhammad Wakhiddin_Strategi Komunikasi Politik Partai Persatuan Pembangunan Dalam Mendiseminasi Nilai-Nilai Islam Di Kabupaten Banjarnegara.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Di Kabupaten Banjarnegara peredaran minuman beralkohol dinilai cukup tinggi dan oleh sebagian masyarakat menganggap hal tersebut dikhawatirkan akan dapat memicu tindak kejahatan. Sedangkan dalam Peraturan Daerah Banjarnegara Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Pengawasan dan Pengendalian Khamr atau Minuman Beralkohol, sanksi untuk pengedar masih dianggap ringan dan tidak membuat efek jera. Untuk itu, diperlukan adanya perubahan dalam regulasi tersebut melalui sistem politik yang di dalamnya terdapat infrastruktur politik dan suprastruktur politik. PPP merupakan salah satu instrument dari infrastruktur politik, namun ia juga merupakan bagian dari suprasturktur politik dimana anggota partainya menjadi anggota dewan yang memiliki kewenangan dalam memutuskan kebijakan. Adanya peran ganda tersebut, PPP memerlukan strategi komunikasi politik dalam upaya mewujudkan kepentingan bersama baik dengan infrastruktur maupun suprastruktur politik sebagai wujud aktualisasi nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi politik PPP dalam upaya mendiseminasi nilai-nilai Islam dengan suprastuktur dan infrastruktur politik di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan di DPC PPP Kabupaten Banjarnegara dengan key informan anggota Dewan Fraksi PPP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptis kualitatif. Adapun analisisnya adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik PPP dengan suprastruktur politik diantaranya PPP mengkategorikan khalayak suprastruktur politik sebagai kelompok politik. Dalam menyusun pesan persuasif, PPP menggunakan konsep AIDDA. Selain itu dalam menerapkan metode penyampaian pesan, PPP menggunakan kombinasi antara metode informatif, educatif, dan cursive. Sedangkan untuk penggunaan media, PPP dalam mengaplikasikan komunikasi politiknya tidak menggunakan media komunikasi akan tetapi lebih sering menerapkan komunikasi interpersonal atau komunikasi face to face. Sedangkan untuk strategi komunikasi politik PPP dengan infrastruktur politik, PPP mengkategorikan khalayak infrastruktur politik sebagai kelompok sosial. Dalam menyusun pesan persuasifnya, PPP juga menggunakan konsep AIDDA yang kemudian menerapkan metode penyampaian pesannya dengan menggunakan kombinasi antara metode Redudancy, Informatif, Persuasif, Educatif, dan Cuersive. Untuk penggunaan media komunikasi politik, PPP menerapkan hal yang sama seperti kepada suprastruktur politik yaitu tidak menggunakan media komunikasi akan tetapi lebih sering menerapkan komunikasi interpersonal. Kata Kunci: strategi komunikasi politik, partai politik, PPP
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi politik, partai politik, PPP |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.21 Negara Islam 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.62 Organisasi Politik 300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 383 Postal communication |
Divisions: | Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MUKHAMMAD WAKHIDDIN sdr |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 11:08 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 11:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9933 |
Actions (login required)
View Item |