Ah. Syarif, Hidayah (2021) EFEKTIVITIAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM PADA PENILAIAN HARIAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
AH.SYARIF HIDAYAH_EFEKTIVITIAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM PADA PENILAIAN HARIAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap pendidik adalah mengevaluasi pembelajaran. Salah satu bentuk evaluasi yaitu penilaian harian pada aspek kognitif. Pendidik menyelenggarakan penilaian harian guna mendapatkan informasi kognisi peserta didik tentang ketercapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik pada setiap kompetensi dasar atau materi tertentu. Beberapa tahun terakhir dunia pendidikan mengalami peningkatan inovasi dalam menghadapi era digital sehingga pendidik maupun peserta didik harus bersiap beradaptasi dengan teknologi termasuk dalam media penilaian yang semakin modern. Pada awal tahun 2020, Coronavirus Disease (Covid-19) mewabah hingga mempengaruhi kegiatan pendidikan sehingga pembelajaran dilakukan secara online/daring. Hal ini membuat MTs Ma’arif NU 1 Cilongok menerapkan pembelajaran online/daring pada semua mata pelajaran salah satunya yaitu Al-Qur’an Hadis. Penelitian kuantitatif-deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Penggunaan Google Form pada penilaian harian aspek kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Data diperoleh dari sampel yaitu pendidik mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan peserta didik kelas VII dan VIII di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Hasil pengumulan data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif-statistik-deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat efektivitas pada tahap persiapan penilaian harian berbasis Google Form sebesar 79,3% dengan kategori sangat efektif, tahap pelaksanaan terdapat efektivitas sebesar 82,2% yang berkategori sangat efektif, dan pada tahap keluaran terdapat efektivitas sebesar 81,3% dengan kategori sangat efektif. Secara umum, hasil tersebut dapat dideskripsikan bahwa terdapat efektivitas Penggunaan Google Form pada penilaian harian aspek kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok dengen persentase 80,9%. Persentase tesebut termasuk kategori Sangat Efektif (75%-100%). Dengan demikian, upaya peningkatan efektivitas Penggunaan Google Form pada penilaian harian aspek kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok dapat dilakukan dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang ditemukan di tiga tahap utama yaitu persiapan, pelaksanaan, dan keluaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Google Form, Penilaian Harian |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah 300 Social sciences > 370 Education 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AH. Syarif Hidayah |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 01:56 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 01:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9930 |
Actions (login required)
View Item |