STRATEGI BRANDING DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MASYITOH KROYA CILACAP

Muhammad Burhan, Jamaluddin (2021) STRATEGI BRANDING DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MASYITOH KROYA CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD BURHAN JAMALUDDIN_ STRATEGI BRANDING DI SD ISLAM PLUS MASYITOH KROYA CILACAP.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tuntutan sekolah (SD Islam Masyithah Kroya Cilacap) harus memberikan layanan informasi pendidikan dan informasi kegiatan yang ada di sekolah. Selain itu lembaga pendidikan juga bersaing demi mendapatkan simpati dari para orangtua. Strategi yang baik untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara membangun citra lembaga pendidikan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi sekolah dalam membangun citra lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh SD Islam Plus Masyitoh Kroya Cilacap dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif dengan mengambil sumber data: guru, karyawan, wali siswa, masyarakat dan siswa di SD Islam Masyithoh Kroya Cilacap. Untuk memperoleh data yang diperlukan dari sumber data tersebut, digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis kualitatif dengan model interaktif yang dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dilakukan. Kegiatan analisis interaktif ini terdiri dari tiga kegiatan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebijakan branding yang dipilih oleh SD Islam Plus Masyitoh Kroya berdasarkan visi dan misinya adalah brand sebagai sekolah unggulan yang mampu menciptakan lulusan yang beriman, bertakwa dan berilmu atau generasi sholeh cendikia. 2) Elemen yang membentuk brand dalam strategi branding sekolah antara lain: akreditasi sekolah dengan nilai A, prestasi siswa, daya saing lulusan, akhlak atau perilaku siswa, kegiatan bakti sosial dan wisata religi. 3) Strategi Branding yang dilakukan di SD Islam Plus Masyitoh Kroya meliputi: pencapaian akreditasi nilai A dengan cara analisis SWOT dan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan, prestasi siswa dan daya saing lulusan dengan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang disiplin, aktif dan menyenangkan bagi siswa, akhlak siswa dibentuk melalui kegiatan pembiasaan dan program-program unggulan sekolah. 4) Dampak Branding di SD Islam Plus Masyitoh Kroya Cilacap adalah kualitas layanan guru dan karyawan menjadi lebih baik, perilaku siswa menjadi lebih baik, diperolehnya kepercayaan dari masyarakat, dan peningkatan minat masyarakat mendaftarkan sekolah putra-putrinya di SD Islam Plus Masyitoh Kroya. Kata Kunci: Strategi Branding

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding di SD Islam Plus Masyitoh Kroya Cilacap
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Burhan Jamaluddin sdr
Date Deposited: 27 Feb 2021 08:03
Last Modified: 27 Feb 2021 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9924

Actions (login required)

View Item View Item