PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

FAUZAN, MA'RUF (2021) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAUZAN MA'RUF_PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Selama ini pemanfaatan sumber belajar yang digunakan di sekolah hanya terbatas pada guru dan buku. Dengan menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Sehingga masih jarang ditemui adanya guru PAI yang melakukan inovasi dalam pemanfaatan sumber belajar. Apabila seorang guru dapat memanfaatkan sumber belajar dengan baik. Maka guru akan bisa melihat bahwa pada zaman sekarang penggunaan teknologi seperti internet, Google Class Room, Al Qur’an, Masjid dan lingkungan sekitarpun bisa dijadikan sumber belajar. Selaras dengan adanya sumber belajar tersebut maka peneliti ingin meneliti lebih jauh dengan adanya pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 1 Kutasari. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang inovatif dan efektif. Berdasarkan permasalahan di atas tujuan dari penelitian ini antara lain : (1) sebagai upaya untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar PAI di SMA Negeri 1 Kutasari, (2) sebagai upaya untuk mengetahui kendala dan alternatif pemanfaatan sumber belajar PAI di SMA Negeri 1 Kutasari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan sarana WhatsApp secara online yang bersifat deskriptif kualitatif. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19. Lokasi yang diteliti adalah SMA Negeri 1 Kutasari, dengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kutasari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data yang diperoleh adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kuasari Kabupaten Purbalingga terlaksana dengan baik. Dengan adanya guru yang telah melaksanakan pemanfaatan sumber belajar yang tersedia di SMA Negeri 1 Kutasari Kabupaten Purbalingga. Sedangkan kendala yang ada pada saat pemanfaatan sumber belajar PAI meliputi kendala yang ada pada pendidik, kendala yang ada dari peserta didik, dan kendala yang ada dari fasilitas sumber belajar di SMA Negeri 1 Kutasari. Untuk alternatif dari permasalahan yang menjadi kendala dalam pemanfaatan sumber belajar antara lain adanya program pelatihan dari pihak sekolah untuk pendidik dalam pemanfaatan sumber belajar, pemberian motivasi dan contoh yang baik kepada peserta didik, serta menjaga dan bertanggungjawab terhadap fasilitas yang digunakan di SMA Negeri 1 Kutasari kabupaten purbalingga. Kata kunci: Pemanfaatan, Sumber Belajar, PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar, PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Fauzan Ma'ruf
Date Deposited: 26 Feb 2021 17:26
Last Modified: 26 Feb 2021 17:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item View Item