PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 2 BELIK KECAMATAN BELIK PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AMALIA LAILATUL MUNA, NIM. 092331031 (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 2 BELIK KECAMATAN BELIK PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah salah satu faktor yang menentukan terhadap keberhasilan belajar mengajar. Dengan metode guru dapat menyampaikan materi pelajaran sehingga mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh murid. Seorang guru terutama guru Pendidikan Agama Islam perlu mengetahui dan mampu menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pendidikan adalah untuk semua. Dalam hal ini SMP yang memberikan Pendidikan umum juga menyelenggarakan Pendidikan Agama Islam terhadap murid didiknya. Dari latar belakang masalah diatas, maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi murid SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Belik dan faktor- faktor yang mempengaruhinya pelaksanaan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan murid di SMP N 2 Belik, sedangkan objek penelitian ini adalah metode demonstrasi yang dilaksanakan pada kelas VII dan VIII. Populasi penelitian ini adalah guru PAI dan murid SMP N 2 Belik, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research). Pengumpulan data di lakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumenter. Adapun dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikam fenomena yang ada. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pola berpikir induktif ke deduktif. Dari hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Belik telah berjalan dengan baik dan terlaksanan yang mana dimulai dengan persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran, pelaksanaan dalam pembelajaran yang meliputi materi yang akan disampaikan metode serta pendekatan dan evaluasi pada akhir pembelajaran, sedangkan faktor yang mempengaruhinya guru yang memiliki keterbatasan dalam penyampaian materi, murid cukup aktif pada waktu proses pembelajaran dan sarana dan prasarana masih kurang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Metode, Demonstrasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 01:34
Last Modified: 05 Sep 2016 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item