UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH 1 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Hamba Fitro, Wicaksana (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH 1 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hamba Fitro Wicaksana_Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Muhammadiyah 1 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas V MI Muhamadiyah 1 Slinga, khususnya terkait dengan peningkatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran tematik. Penelitian merupakan penelitian lapangan yang penulis lakukan di MI Muhamadiyah 1 Slinga, Subjek penelitian ini adalah kepala guru kelas V MI Muhamadiyah 1 Slinga. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang upaya yang dilakukan guru kelas V MI Muhammadiyah 1 Slinga dalam menengkatkan kecerdasan emosional siswa dalam, pembelajaran tematik sebagai berikut; Pertama dengan pengelolaan kelas yang kondusif, Guru kelas V MI Muhammadiyah 1 Slinga dalam pembelajaran tematik dalam pengelolaan kelas menngunakan tiga aspek yaitu mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter (PPK), literasi, dan keterampilan. Kedua mengembangkan sikap empati dengan berbagai metode pembelajaran. Siswa kelas V MI Muhammadiyah 1 Slinga, Riski Noura Arista menggunakan berbagai metode pembelajaean diantara yaitu; Metode sosiodrama, metode bercerita dan metode Peer Teaching Method (metode tutor teman sebaya). Ketiga melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, guru kelas V MI Muhammadiyah 1 Slinga Riski Noura melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, diskusi bersama, atau kegiatan yang melibat siswa secara individu maupun kolosal. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas v mi muhammadiyah 1 slinga, faktor pendukung meliputi; dukungan dari dewan guru, kesadaran anak, kegiatan siswa, sedangkan faktor penghambat meliputi; latar belakang anak, sarana dan prasarana, lingkungan pergaulan, perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak yang kurang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Tematik
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamba Fitro Wicaksana sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:00
Last Modified: 26 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item View Item