KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD IT MUHAMMADIYAH RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN RAWALO

Muhammad Fadli, Ramadhani (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD IT MUHAMMADIYAH RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN RAWALO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka .pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-M.FADLIRAMADHANI FIX.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Tematik merupakan model pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran tematik dapat mengatasi permasalahan siswa menjadi tidak bosan dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini meneliti tentang Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Tematik di Kelas II SD IT Muhammadiyah Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. SD IT Muhammadiyah Rawalo adalah SD yang mempunyai Guru yang Kreatif dalam Membuat Media untuk mendukung Pembelajaran Tematik. Berdasarkan observasi pendahuluan, ketika guru kelas II menyajikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa media kertas dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajarannya peserta didik lebih antusias dan tertarik dalam memahami pembelajaran yang berlangsung serta aktif melakukan tanya jawab dengan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang Kreativitas Guru Membuat Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SD IT Muhammadiyah Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas saya menemukan 2 jenis kreativitas media yang digunakan oleh guru kelas II disana. Pertama cenderung memanfaaatkan kertas dan satunya lebih memanfaatkan lingkungan sekitar. Beberapa kreatifitas guru yang ditemukan oleh peneliti: 1. Kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran tematik kelas II di tema 3 pembelajaran 1 terkait kesetaraan pecahan nilai mata uang menggunakan media kertas berupa gambar uang dikertas dan bermain peran. 2. Kreatifitas guru dalam membuat media oembelajaran tematik di kelas II di tema 3 pembelajaran tematik terkait kesetaraan pecahan nilai mata uang yang memanfaatkan lingkungan sekitar dengan menggunakan uang asli dan bermain peran. 3. Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran tematik di kelas II tema 4 sub tema 2 tentang alat musik ritmis dengan menggunakan media kertas dan metode picture and picture implementasinya berupa memasngkan gambar-gambar yang sesuai dengan media kertas yaitu gambar alat musik ritmis dan cara memainkkannya dan siswalah yang memasangkannya. 4. Kreativitas guru dalam membuat media pemelajaran tematik di kelas II tema 4 subtema 2 tentang alat musik ritmis. Dengan menggunakan pemanfaatan media di lingkungan sekitar. Implementasinya mengganti drum dengan botol bekas yang dipukul dengan stik kayu kemudian menganti marakas dengan botol yang di isi pasir. Dan yang terakhir mengganti gendang dan rebana dengan baskom. kreativitas guru satu sama lain berbeda sesuai dengan kemampuan dasarnya dan dalam implementasinya menggunakan media pembelajaran, masing-masing guru perlu disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan. Kata Kunci: Kreativitas, Media, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas, guru, dalam, membuat, media, pembelajaran, tematik, di kelas II SD IT Muhammadiyah, Rawalo, kecamatan Rawalo, Kabupaten, Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Fadli Ramadhani
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:16
Last Modified: 26 Feb 2021 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9834

Actions (login required)

View Item View Item