EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

sutomo, tomo (2021) EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUTOMO_1717651020_EVALUASI KEGIATAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Sutomo Email: [email protected] NIM.1717651020 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto ABSTRAK Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kelanjutan dan revitalisasi gerakan nasional pendidikan karakter yang telah dimulai pada 2010. PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan sehingga anak atau peserta didik memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Program PPK yang dilaksakan oleh SMP Negeri 3 Ajibarang Kabupaten banyumas ternyata mulai kelihatan dampaknya. Akan tetapi sampai saat ini program PPK tersebut belum ada lembaga atau pihak manapun yang mengetahui sejauh mana pelaksanaannya. Oleh karena itu perlu diadakan suatu penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif. Penelitian evaluatif pada dasarnya merupakan bagian dari penelitian terapan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan program PPK yang dilaksanakan di SMP negeri 3 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Manfaat penelitian evaluatif adalah untuk memberikan rekomendasi pelaksanaan program yang lalu dan untuk memperbaiki pelaksanaan program yang akan dilaksanakan berikutnya. Berdasarkan penelitian evaluatif program Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 3 Ajibarang dengan menggunakan panduan dan instrumen yang telah di tetapkan oleh Kemendikbud Tahun 2017 dengan indikator berjumlah 49, hasilnya adalah pelaksanaan program PPK memperoleh 3,243 artinya memiliki predikat nilai B (3,0 – 3,5 yang artinya Praksis PPK di sekolah sudah menjadi kebiasaan. Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Nasional Revolusi Mental, Evaluatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PUJI URIPIN sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:11
Last Modified: 26 Feb 2021 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9766

Actions (login required)

View Item View Item