NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM BUKU SISWA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD/MI TEMA 7 KURIKULUM 2013

Pratama, Al Asyar (2021) NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM BUKU SISWA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD/MI TEMA 7 KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pratama Al Asyar_NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM BUKU SISWA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU KELAS IV SDMI TEMA 7 KURIKULUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada pembentukan nilai-nilai karakter. Berpedoman pada nilai-nilai karakter tersebut, beberapa diantaranya dikategorikan sebagai nilai-nilai cinta tanah air atau nasionalisme. Banyak budaya dan paham barat yang berpengaruh negatif dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh bangsa Indonesia. Dengan terjadinya hal itu, maka akan terjadi akulturasi bahkan menghilangnya kebudayaan dan kepribadian bangsa yang seharusnya menjadi jati diri bangsa. Berangkat dari problematika tersebut, penulis mengkaji mengenai nilai-nilai nasionalisme dalam Buku Siswa Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV SD/MI Tema 7 Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui kandungan nilai-nilai nasionalisme apa saja yang terkandung di dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian, maka penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan atau library research dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Kemudian, penyajian datanya dalam bentuk deskripsi dan tabel supaya mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai nasionalisme dalam buku “Buku Siswa Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD/MI Tema 7 Kurikulum 2013” memuat nilai-nilai nasionalisme berupa: (a) bangga sebagai bangsa indonesia dengan indikator: bangga dengan apa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ikut serta memajukan perkembangan Indonesia dan menjaga perdamaian serta keutuhan Negara Indonesia, (b) cinta tanah air dan bangsa dengan indikator: sikap dan perilaku yang menunjukkan rasa bangga, setia, peduli pada budaya, adanya rasa untuk mengabdi, memelihara, membela, serta melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan, (c) toleransi dengan indikator: memberikan kebebasan pendapat, pandangan dan hak orang lain selama tidak melanggar norma-norma yang ada, (d) bangga pada budaya yang beraneka ragam dengan indikator: menjaga kelestarian budaya yang dimiliki dan saling menghormati akan budaya yang beraneka ragam, (e) menghargai jasa para pahlawan dengan indikator: mengenang jasa para pahlawan serta melestarikan peninggalan para pahlawan, dan (f) peduli sosial dengan indikator: memikirkan kebutuhan orang lain dengan sumber daya yang kita miliki, interaksi sosial dan memperhatikan permasalahan atau kesulitan yang dialami oleh orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai nasionalisme, buku siswa, indahnya negeriku
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pratama Al Asyar sdr
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:46
Last Modified: 25 Feb 2021 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item View Item