PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

Assyifa, Suryani (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Assyifa Suryani_Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Adapun latar belakang penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang bervariasi, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Serta dalam minat belajar, dimana perhatian siswa pada pelajaran matematika, kesukaaan siswa terhadap pelajaran matematika, keinginan siswa untuk tahu lebih banyak mengenai matematika, tugas-tugas yang diselesaikan oleh siswa, motivasi siswa mempelajari matematika, kebutuhan siswa terhadap pelajaran matematika dan ketekunan siswa dalam mempelajari matematika mengakibatkan bervariasinya tingkat pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian adalah 270 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 160 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Besarnya pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematis dilihat dari koefisien determinsasi R square sebesar 0,096 yang berarti bahwa minat belajar siswa berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 9,6%, sedangkan sisanya 90,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pemahaman Konsep, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Assyifa Suryani sdr
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:28
Last Modified: 24 Feb 2021 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9692

Actions (login required)

View Item View Item