PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATERI AKSRA JAWA PADA SISWA KELAS IVA DI MI AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL KEC.PURWOKERTO BARAT KAB. BANYUMAS

MANESIYA, MANESIYA (2021) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATERI AKSRA JAWA PADA SISWA KELAS IVA DI MI AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL KEC.PURWOKERTO BARAT KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN URWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANESIYA_PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATERI AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV A DI MI AL- ITTIHAAD PASIR KIDUL KEC. PURWOKERO BARAT KAB. BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media Audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang audiktif, baik verbal maupun non verbal. Media Visual adalah visualisasi pesan, informasi, atau konsep yang ingin disampaikan kepada siswa dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk, seperti foto, gambar/ ilustrasi, sketsa/ gambar garis. Media Audio Visual adalah media kombinasi antara audio dan visual, yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, slide, suara dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui bagaimana penerapan media Audio Visual dalam materi aksara Jawa pada siswa kelas IV A di MI Al- Ittihaad Pasir Kidul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru dan Siswa kelas IV A. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokuemntasi. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa: penerapan media Audio Visual dalam materi aksara Jawa pada siswa kelas IV A di MI Al- Ittihaad Pasir Kidul telah diwujudkan dengan 3 tahap yaitu yang pertama tahap perencanaan guru menyiapkan silabus dan RPP kelas IV, guru mempelajari Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi, menyusun tujuan pembelajaran, menyediakan media yang akan digunakan, perencanaan metode pembelajaran, perencanaan sumber pembelajaran, menyusul evaluasi. Tahap yang kedua yaitu, tahap pelaksanaan merupakan kegiatan inti dalam penerapan media Audio Visual yang dimana dalam tahap pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: 1) Kegiatan awal, 2) Kegiatan inti, 3) Kegiatan penutup. Tahap yang ketiga yaitu evaluasi yaitu guru menggunakan tes tertulis, dengan isntrumen beberapa soal isian. Penerapan media Audio Visual dalam materi aksara Jawa pada siswa kelas IV A di MI Al- Ittihaad Pasir Kidul sudah cukup sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran meskipun dalam praktiknya masih ada hambatan-hambatan selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Materi Aksara Jawa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Manesiya M
Date Deposited: 23 Feb 2021 10:38
Last Modified: 23 Feb 2021 10:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9625

Actions (login required)

View Item View Item