KREATIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM ERA NEW NORMAL DI MIN 1 BANYUMAS

YANI, YUNITA (2021) KREATIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM ERA NEW NORMAL DI MIN 1 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YANI YUNITA_KREATIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM ERA NEW NORMAL DI MIN 1 BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini tatanan kehidupan manusia sedang mengalami perubahan. Tersebarnya virus Covid-19 (Corona Virus Diseases-19) yang berasal dari Wuhan, China membuat seluruh penjuru dunia harus melakukan seluruh kegiatan dirumah saja, termasuk dengan sekolah. Penyelenggaraan sekolah yang biasanya tatap muka diganti menjadi pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet. Untuk itu para guru dituntut untuk mengkreasikan pembelajaran jarak jauh agar lebih menarik dan peserta didik tetap semangat walau belajar dari rumah. Era new normal artinya normal baru atau kehidupan baru yang harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas pembelajaran jarak jauh dalam era new normal di MIN 1 Banyumas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan serta tahap evaluasi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dalam kreativitas pembelajaran jarak jauh sudah direncanakan dengan matang yakni dengan adanya pelatihan pembuatan vidio pembelajaran oleh para guru, pembuatan aplikasi online serta membuat modul pembelajaran. 2) Proses kreativitas pembelajaran jarak jauh dalam era new normal di MIN 1 Banyumas berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yakni pembelajaran secara daring atau online. Para guru membuat vidio pembelajaran yang menarik serta dapat dipahami oleh peserta didik, dan adapula yang menggunakan power point. 3) Evaluasi kreativitas pembelajaran jarak jauh dalam era new normal di MIN 1 Banyumas menggunakan beberapa aplikasi dari Google, salah satunya adalah Google Form. Kontribusi dalam bidang keilmuan Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ialah penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah, dan melihat kreativitas PJJ dalam lingkup sekolah dasar. Kata kunci: Kreativitas, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kreativitas, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yani Yunita sdr
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:59
Last Modified: 24 Feb 2021 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9615

Actions (login required)

View Item View Item