PERLINDUNGAN KONSUMEN BIRO JASA UMRAH TERDAMPAK COVID-19 PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 DAN MAQASID AL-SYARIAH

M Faiz Kamal, Rozaq (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN BIRO JASA UMRAH TERDAMPAK COVID-19 PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 DAN MAQASID AL-SYARIAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOHAMAD FAIZ KAMAL ROZAQ_PERLINDUNGAN KONSUMEN BIRO JASA UMRAH TERDAMPAK COVID-19 PERSPEKTIF UU NO. 8 TAHUN 1999 DAN MAQAS{ID AL-SYARI’AH (studi di PT. Kemang Nusantara Travel perwakilan Banjarnegara).pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Tahun 2020 ini seluruh dunia mengalami musibah pandemi virus Corona atau Covid-19. Pandemi ini secara tidak langsung berdampak terhadap semua sektor kehidupan termasuk perjalanan ibadah umrah, Perlindungan hukum bagi konsumen merupakan hal penting dalam menjaga keseimbangan di dalam hubungan hukum antara pelaku usaha atau biro perjalanan dengan konsumen (jemaah umrah). Salah satu biro jasa umrah yang terdampak pandemi Covid-19 adalah PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara. Perlindungan jamaah dalam hal ini sebagai konsumen biro jasa umrah PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara, seperti yang tercantum dalam UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sedangkan dalam Islam sendiri, konsep perlindungan konsumen ini sesuai dengan kaidah maqa>s}id al-Syari>’ah. Kepentingan konsumen harus sangat diperhatikan dan dilindungi karena masalah yang dihadapi adalah kemaslahatan bagi semua pihak. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan ini adalah Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen biro jasa umrah terdampak covid-19 di PT. Kemang Nusantara Travel perwakilan Banjarnegara presfektif UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan maqa>s}id al-Syari>’ah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilaksanakan di PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara secara langsung dengan beberapa konsumen, dan dokumentasi. Dalam mengalanisis data yang dilakukan adalah mengolah data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kemudian dilakukan pembahasan yang menghasilkan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara sebagai pelaku usaha dalam memberikan jasa layanannya telah mengupayakan terpenuhinya hak-hak konsumen pengguna jasanya, dengan memberikan penjadwalan ulang dan komunikasi aktif secara berkala melalui media online, yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan kepuasan bagi pengguna jasanya. Perlindungan konsumen PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara ini salah satu wujud dari kemaslahatan umat, karena di dalamnya mengandung pokok-pokok kemaslahatan di atas yaitu memelihara jiwa (hifz an-nafsh) dan memelihara harta (hifz al-ma>l)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, PT. Kemang Nusantara Travel Perwakilan Banjarnegara, Maqa>s}id al-Syari>’ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr M. Faiz Kamal Rozaq
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:14
Last Modified: 22 Feb 2021 04:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item