Yogie, Wahyu Pratama (2021) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TPQ DI PGTPQ MASJID FATIMATUZZAHRA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
YOGIE WAHYU PRATAMA_PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TPQ DI PGTPQ MASJID FATIMATUZZAHRA PURWOKERTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sebagai seorang guru, sudah seharusnya mempunyai kompetensi guru. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru adalah kompetensi pedagogik. Pendidikan al-Quran (Keagamaan) dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, informal ataupun nonformal. Pendidikan al-Quran pada jalur pendidikan formal berbentuk sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengharuskan orang untuk terus belajar. Oleh karena itu, kemampuan mengajar guru harus senantiasa ditingkatkan, antara lain melalui pembinaan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik guru TPQ di PGTPQ Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto. Hasil penelitian yang dilakukandi PGTPQ Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto tentang pengembangan pedagogik sudah baik dengan adanya bukti penerapan materi sebagai berikut: 1) Pembelajaran tahsin Al-Qur’an, materi ini untuk mengembangkan menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dan memfasilitasi potensi peserta didik, 2) Pemberian materi metode pengajaran Tartili, materi ini untuk mengembangkan menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, 3) Pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Tartili, materi ini mengembangkan terselenggaranya dan memanfaatkan evaluasi dan melakukan tindakan reflektif, 4) Pemberian materi teori Tajwid, materi ini untuk mengembangkan menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dan memfasilitasi potensi peserta didik, 5) Pemberian materi tentang adab guru, materi ini mengembangkan berkomunikasi efektif, empatik, dan santun, 6) Pemecahan masalah ketika mengajar dengan materi retorika TPQ, materi ini mengembangkan terselenggaranya pembelajaran yang mendidik dan berkomunikasi efektif, empatik, dan santun, 7) Pemberian materi tentang pengelolaan kelas,materi ini untuk mengembangkan kurikulum/rancangan pembelajaran, 8) Pemberian materi tentang manajemen TPQ, materi ini untuk mengembangkan kurikulum/rancangan pembelajaran, 9) Pemberian materi tentang psikologi anak, materi ini untuk mengembangkan menguasai karakter peserta didik, 10) Pemberian materi tentang pembelajaran kreatif, materi ini mengembangkan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, 11) Pemberian materi tentang Aqidah, materi ini untuk mengembangkan menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, 12) Pemberian materi tentang Fiqih,materi ini untuk mengembangkan menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, 13) Pemberian materi tentang perencanaan kurikulum TPQ, materi ini untuk mengembangkan kurikulum/rancangan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Guru TPQ, PGTPQ |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yogie wahyu pratama |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 08:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 08:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9558 |
Actions (login required)
View Item |