Yuli Hidayatul Ahfa, Nim: 102332064 (2016) METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MADRASAH DINIYAH TA’ALUMUSSIBYAN TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
YULI HIDAYATUL AHFA_METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI MADRASAH DINIYAH TA’ALUMUSSHI.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
Abstract
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan oleh segolongan masyarakat tertentu untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Belajar bahasa Arab merupakan hal penting untuk memahami teks dan tujuan lain yang sederhana, misalnya, untuk komunikasi lisan dan tertulis. Pembelajaran merupakan usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam pembelajaran bahasa Arab adalah mufradat (kosakata). Mufradat (kosakata) merupakan sarana atau media untuk belajar bahasa Arab, bukan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri, namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa kosakata itu sangat penting dalam pembelajaran bahasa asing termasuk bahasa Arab. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kosakata adalah tujuan pembelajaran kosakata, materi pembelajaran kosakata, metode pembelajaran kosakata, media pembelajaran kosakata dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran mufradat di MD Ta’alumusibyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan tentang pembelajaran mufradat di MD Ta’alumusibyan Dukuh tengah Tonjong yaitu guru menuliskan mufrodat dan membacakan mufradat, kemudian siswa menirukan mufradat yang dibacakan oleh guru, setelah itu siswa diberi waktu untuk menghafalmufradatdengan nyanyian. Penilaian yang digunakan oleh guru bertahap yaitu dengan tes tertulis kemudian tes lisan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyayi, MD Ta’alumusibyan Dukuh Tengah Tonjong |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 23:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 23:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/955 |
Actions (login required)
View Item |