Fitri, Maulita (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI CILIBUR 02 KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_ Bab V_ Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Fitri Maulita_ Efektivitas Penerapan Metode Pemberian TugasTerhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Cilibur 02 Kabupaten Brebes.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran tematik sehingga motivasi belajarnya menjadi rendah . Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yang konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat memotivasi siswa agar ingin belajar yaitu dengan metode pemberian tugas atau metode resitasi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran tematik (2) Mengetahui apakah dengan metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di SD Negeri Cilibur 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental design, pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cilibur 02 sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu kelas V SD Negeri Cilibur 02 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penilitian ini adalah motivasi belajar siswa sebelum penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk motivasi belajar setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya 86.Melalui uji hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa (1)Terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar karena pengaruh tersebut sebesar 86%. Maka diduga ada sebesar 14% faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diduga adalah lingkungan.(2)Penerapan metode pemberian tugas efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Cilibur 02 dengan kategori sedang. (3)Selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga, peran guru , adanya cita-cita dan lingkungan teman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode pemberian tugas, Motivasi belajar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Fitri maulita |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 16:03 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 16:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9531 |
Actions (login required)
View Item |