PEMBENTUKAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH GUNUNGLURAH CILONGOK DI KABUPATEN BANYUMAS

Sarman, Sarman (2021) PEMBENTUKAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH GUNUNGLURAH CILONGOK DI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sarman_Pembentukan Akhlak Karimah Pada Siswa SMP Ma'had Darussa'adah Gununglurah Cilongok di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam membentuk akhlak karimah siswa di SMP Ma’had Darussa’adah Gunuglurah Cilongok, untuk mengungkapkan strategi pembentukan akhlak karimah siswa di SMP Ma’had Darussa’adah Gunuglurah Cilongok, dan untuk menganalisis dan mencermati hasil pelaksanaan pembentukan akhlak karimah siswa di SMP Ma’had Darussa’adah Gunuglurah Cilongok. Penelitian dilakukan di SMP Ma’had Darussa’adah Gununglurah Cilongok, mengunakan metode penelitian kualitatif, paradigma postpositivistik dan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan cara semua data dikumpulkan, kemudian dilakukan re-check, pengolahan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yang meliputi triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Pembentukan akhlak karimah yaitu dengan keteladanan, metode paksaan, pembiasaan (bersalaman, sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, training dakwah, ziarah kubur setiap Jum’at pagi, istighosah, tadarus Al-Qur’an, Peringatan Hari Besar Islam, ekstrakurikuler), pemberian nasehat dan motivasi, kisah Qur’ani dan Nabawi, serta memberi sanksi dan penghargaan kepada siswa. Dalam membentuk akhlak siswa, terdapat strategi yaitu tekad dan semangat guru, sinergitas sekolah dan pondok pesantren, melaksananakan visi dan misi sekolah, melaksanakan pembiasaan religius, mengadakan pertemuan rutin orang tua dan sekolah, memberi informasi tentang perkembangan, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, melarang membawa alat komunikasi atau handphone ke sekolah, melakukan bimbingan dan penyuluhan tentang pergaulan yang sehat dan Islami, mengisi waktu peserta didik dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Hasil dari pembentukan akhlak karimah siswa cukup memberikan pengaruh kepada perubahan sikap dan perilaku siswa walaupun disadari hasilnya belum maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Akhlak Karimah, Siswa
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sarman Sarman sdr
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:04
Last Modified: 17 Feb 2021 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item