Lutfi, Afifah (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
LUTFI AFIFAH_IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Model problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran berbasis masalah. Yang pelaksanaannya melalui beberapa tahapan antara lain: proses orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan hasil proses pemecahan masalah. Tujuan dari problem based learning adalah mengetahui permasalahan dunia nyata, keterampilan berfikir tingkat tinggi, keterampilan menyelesaikan masalah, belajar antar disiplin ilmu, belajar mandiri, belajar kerja sama, belajar menggali informasi dan belajar berkomunikasi. Model problem based learning juga bisa digunakan untuk semua mata pelajaran seperti pembelajaran tematik. Dalam penerapan model problem based learning disesuaikan dengan tema atau materi yang akan diajarkan kepada peserta didik karena perpaduan tersebut nantinya akan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih mudah memahami pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih keterampilan memecahkan masalah dalam pembelajara n tematik kelas IV di SD Negeri 2 Ponjen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model problem based learning dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 2 Ponjen melalui langkah-langkah: orientasi peserta didik, mengorganisasi peserta didik dalam belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model Problem Based Learning telah mencapai indikator keberhasilan yaitu: nilai peserta didik meningkat, meningkatkan semangat peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Adapun kendala dalam penerapan model Problem Based Learning yaitu: pada peserta didik, waktu dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Kelas IV. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Lutfi Afifah |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 02:00 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 02:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9452 |
Actions (login required)
View Item |