PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

Susi Marwati, 1123303082 (2016) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
SUSI MARWATI_PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Diberlakukannya UU nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah sangat besar pengaruhnya terhadap pendidikan. Kebijakan yang awalnya dikendalikan oleh pemerintah pusat kemudian diserahkan sepenuhnya kepada daerah. Dalam konteks otonomi daerah, saat ini sedang dikembangkan Manajemen Berbasis Sekolah dimana sekolah mempunyai kemandirian dan dituntut untuk mengoptimalkan seluruh komponen sekolah serta seluruh warga sekolah dituntuk untuk lebih kereatif dalam mengelola sekolah dan meningkatkan nutu pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas kemudian penulis ingin membahasnya dalam skripsi yang berjudul Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjernegara. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana mahasiswa IAIN Purwokerto dan bagi siapa saja yang membacanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka humas dan wali murid. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan analisis data. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan diperoleh bahwa di SMA Negeri 1 Purwareja klampok telah menggunkan Manajemen Berbasis Sekolah dalam manajemen kurikulum dan manajemen humas yang secara umum langkah-langkahnya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam manajemen kurikulum perencanaan dilakukan dengan menentukan struktur kurikulum dan muatan kurikulum. Struktur kurikulum tersebut terdiri dari mata pelajaran wajib, peminatan dan lintas minat. Dalam pelaksanaannya mengembangkan Prota, Promes, silabus dan RPP. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam jangka waktu panjang. Kegiatan perencanaan manajemen Humas yaitu direncanakan bersama-sama antar seluruh warga sekolah. Pengorganisasiannya yaitu dengan membentuk panitia kegiatan dan pelaksaaan dilakukan dengan membagi pekerjaan dan menempatkan orang sesuai dengan tugasnya. Kegiatan evaluasi dilakukan pada setiap kegiatan untuk mengetahui setiap kegiatan berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Organisasi sekolah, HUMAS sekolah, Kemandirian sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:44
Last Modified: 30 Aug 2016 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item