KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI

GUNAWAN, EFENDI (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I _ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gunawan Efendi_Konsep Pendidikan Karakter pada Peserta Didik dalam Kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dapat dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Namun pada peserta didik di Indonesia masih mengalami krisis karakter, yang mana hal ini dapat berpengaruh pada karakter para generasi muda dimasa yang akan datang ketika mereka sudah menjadi generasi penerus bangsa. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari memiliki relevansi yang layak dipertimbangkan dan diimplementasikan dalam pendidikan di Indonesia. Terdapat aspek yang dibahas dalam penelitian ini yakni konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim, dan relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim terhadap pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data primer berasal dari personal document yaitu kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan dokumentasi dan mengidentifikasi wacana dari kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dan karya-karya lain yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif dan deskriptif analitik. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan antara lain tahap pra-penelitian, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data meliputi pengorganisasian data, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran dan pemberian makna, dan tahap laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dengan menggunakan empat ciri dasar pendidikan karakter yang ditawarkan oleh FW. Foester yakni: menghargai nilai normatif, koherensi atau membangun rasa percaya diri, otonomi, dan keteguhan dan kesetiaan. Relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan kontemporer di Indonesia ini yang terdiri dari tujuan pendidikan, materi pendidikan, dan strategi pendidikan ini sangat relevan guna digunakan kembali sebagai acuan bagi dunia pendidikan kontemporer di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim, KH. Muhammad Hasyim Asy’ari.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 002 The book
000 Generalities > 010 Bibliography
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gunawan Efendi sdr
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:17
Last Modified: 17 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9445

Actions (login required)

View Item View Item