Laela, Nur Khasanah (2021) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 02 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Other (Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka)
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka Download (544kB) |
|
Other (Laela Nur Khasanah_Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV di MI Ma'arif NU 02 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga)
Laela Nur Khasanah_Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV di MI Ma'arif NU 02 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Download (892kB) |
Abstract
Pendidikan Karakter sangat penting bagi pembentukan kepribadian serta pembentukan karakter yang baik. Oleh karena itu pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini yaitu di bangku pendidikan dasar. Salah satu mata pelajaran yang mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran adalah pelajaran Bahasa Jawa. Pembelajaran Bahasa Jawa Secara implisit membentuk kepribadian dan budi pekerti siswa yang luhur dalam mewujudkan akhlakul karimah. Pembelajaran Bahasa Jawa dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV di MI Ma'arif NU 02 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif analisis dengan subjek penelitian antara lain kepala madrasah, wali kelas IV B, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data merujuk dari Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV di MI Ma'arif NU 02 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dilakukan melalui tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam silabus dan RPP. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dari pembukaan, inti dan penutup pembelajaran dengan nilai karakter religius, disiplin, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan komunikatif. Sedangkan tahap evaluasi pendidikan karakter dilakukan menggunakan teknik tes dan non tes dengan penilaian aunthentic atau pengamatan kerja siswa, pengetahuan dan kerja sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Jawa |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Laela Nur Khasanah |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 14:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 14:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9441 |
Actions (login required)
View Item |