STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN UMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Muhammad Aenun, Rifki (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN UMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar pustaka.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Aenun Rifki_Stategi Pemasaran Produk Simpanan Umat Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto adalah lembaga keuangan non bank yang melayani penghimpunan dana dan penyaluran dana dari masyarakat. BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto menawarkan berbagai macam produk, salah satu produk simpanan berupa simpanan umat. Produk Simpanan Umat adalah produk simpanan yang diluncurkan sejak berdirinya BMT yaitu pada tahun 1995 yang selalu mengalami peningkatan jumlah nasabah baru dan pemasarannya paling diutamakan. Produk Simpanan Umat adalah simpanan dana pihak ketiga yang dapat dipergunakan oleh BMT dimana nasabah akan mendapatkan bagi hasil dari pendapatan atas dana tersebut dan dana tersebut bisa diambil sewaktu-waktu. Nisbah bagi hasil yang diberikan untuk pihak BMT sebesar 65% dan untuk pihak nasabah adalah 35%. Untuk mempertahankan dan menjaring nasabah baru maka perusahaan perbankan harus memiliki strategi yang baik dalam memasarkan produknya sehingga perusahaan dapat bersaing dan dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Dalam memasarkan produknaya BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto memiliki strategi pemasaran seperti strategi jemput bola, target funding officer, mengadakan acara jalan sehat setiap sebulan sekali (menyebar brosur), dan mendatangi perkumpulan majlis taklim atau pengajian. Begitupun BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Simpanan Umat menggunakan strategi marketing mix 4P yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekata kualitatif. Kemudian objek penelitian ini yaitu strategi pemasaran produk Simpanan Umat dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah. Disini peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data melalu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Simpanan Umat dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Hasil dari penelitian ini adalah BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto ada empat strategi yaitu strategi jemput bola, target funding officer, mengadakan jalan sehat setiap sebulan sekali (menyebar brosur), dan mendatangi perkumpulan majlis taklim atau pengajian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, simpanan umat, BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdr Muhammad Aenun Rifki
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:39
Last Modified: 15 Feb 2021 09:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item