PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG KORIDOR 1 PURWOKERTO PURBALINGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

Muhamad Afif Zaini, Muttaqin (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG KORIDOR 1 PURWOKERTO PURBALINGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhamad Afif Zaini Muttaqin_PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG KORIDOR 1 PURWOKERTO PURBALINGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Purwokerto dan Purbalingga merupakan daerah yang berdekatan yang berada di Jawa tengah dengan karakteristik yang berbeda, kedua daerah sama-sama pesat. Pertumbuhun kedua kota ini sama-sama sangat pesat, dan kebutuhan transportasi kedua kota ini juga sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan adanya moda transportasi yang efektif, murah dan nyaman di kedua kota ini. BRT Trans Jateng hadir sebagai upaya dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan pelayanan lalu-lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, lancer dan terpadu di kedua kota tersebut. Sebagai pelaku usaha di bidang jasa transportasi, BRT Trans Jateng memiliki tanggung jawab atas kewajiban untuk menjamin hak-hak dari konsumen yang menggunakan jasa transportasi ini, seperti yang tercantum dalam UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sedangkan dalam Islam ini merupakan bagian dari muamalah. Muamalah adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dengan seseorang atau beberapa orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan ini adalah bagaimana pelaksanaan perlindungan konsumen pengguna jasa BRT Trans Jateng dan bagaimana perlindungan konsumen pengguna jasa BRT Trans Jateng perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilaksanakan di BRT Trans Jateng Koridor Purokerto Purbalingga. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara secara langsung, kuosiner yang dibagikan ke penumpang dan dokumentasi. Dalam mengalanisis data yang dilakukan adalah mengolah data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kemudian dilakukan pembahasan yang menghasilkan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa praktek jasa layanan transportasi BRT Trans Jateng koridor 1 Purwokerto Purbalingga ini sah karena telah memenuhi rukun dan syarat yang terdapat dalam akad ijara>h. BRT Trans jateng sebagai pelaku usaha dalam memberikan jasa layanannya telah mengupayakan terpenuhinya hak-hak konsumen pengguna jasanya, dengan memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jasanya. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, BRT Trans Jateng, Hukum Islam Hukum Positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, BRT Trans Jateng, Hukum Islam Hukum Positif
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Muhamad Afif Zaini Muttaqin
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:51
Last Modified: 15 Feb 2021 05:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item