Sulfiyah, Sulfiyah (2021) Pendidikan Berbasis Intrapreneurship di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Teluk Purwokerto Selatan Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SULFIYAH_PENDIDIKAN BERBASIS INTRAPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN ANWARUSH SHOLIHIN TELUK PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat pengangguran di Indonesia dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Hal ini menjadi tantangan di dunia pendidikan, terutama pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal untuk mencetak santri yang memiliki karakter intrapreneur. Karakter akan tumbuh dengan efektif apabila peserta didik mengalami langsung sebagaimana konsep John Dewey tentang pendidikan yaitu learning by doing. Pondok Pesantren Anwarush Sholihin merupakan pesantren yang memberlakukan pendidikan berbasis intrapreneurship. Beberapa usaha pesantren didirikan sebagai wadah untuk berlatih wirausaha dan membentuk karakter intrapreneur santri salaf. Pembentukan karakter intrapreneur di pesantren tidak lepas dari peran pengasuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan berbasis intrapreneurship di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Penulis mereduksi data, melakukan penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Berbasis Intrapreneurship di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin berfokus pada penanaman karakter intrapreneur kepada santri salaf. Karakter intrapreneur yang tumbuh antara lain jujur, mempunyai motivasi diri, visioner, mampu membangun tim yang baik, berani mengambil risiko, mampu membangun kerjasama, serta kreatif dan inovatif. Metode yang digunakan dalam menanamkan karakter intrapreneur meliputi keteladanan dari pengurus usaha pesantren dan pembiasaan melalui praktik berwirausaha. Kemudian peran pengasuh dalam pelaksanaan pendidikan berbasis intrapreneurship di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin yaitu peran yang bersifat interpersonal yaitu pengasuh memberi motivasi kepada santri dalam mengelola usaha pesantren; dan peran yang bersifat pengambilan keputusan yaitu dengan memberi ijin kepada santri untuk mengelola usaha pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, intrapreneurship, dan pesantren |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Sulfiyah S |
Date Deposited: | 14 Feb 2021 13:50 |
Last Modified: | 14 Feb 2021 13:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9383 |
Actions (login required)
View Item |