NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO

Septiani Nurul, Choeriyah (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Septiani Nurul Choeriyah_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Syamil dan Dodo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Salah satu bentuk pendidikan yaitu, adanya Pendidikan karakter yang saat ini menjadi bahasan penting dalam pendidikan di negeri ini. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, dalam hal ini penggunaan media sangatlah penting. Salah satunya penggunaan media film animasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak usia sekolah dasar. Film animasi Syamil dan Dodo merupakan sebuah film yang sesuai untuk menggambarkan bagaimana cara menanamkan nilai pendidikan karakter dalam diri peserta didik. Jadi fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Syamil dan Dodo Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau (library research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu film animasi Syamil dan Dodo, dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, internet, maupun sumber lain yang relevan dan berakitan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Kemudian data yang dianalisis oleh peneliti menggunaan teknik analisis isi (content analysis) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Syamil dan Dodo, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Syamil dan Dodo diantaranya, nilai karakter yang berhubungan dengan Tuhan (Religius), beriman kepada Allah, bertaqwa kepada Allah, ikhlas, Syukur, dan sabar. Nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri yang meliputi, jujur, bertanggungjawab, percaya diri, dan ingin tahu. Nilai karakter hubungannya dengan sesama meliputi, menghargai karya dan prestasi orang lain, tolong menolong, peduli, dan komunikatif/bersahabat. Nilai karakter hubungannya dengan peduli sosial dan lingkungan. Nilai pendidikan karakter hubungan dengan kebangsaan meliputi, menghargai keberagaman.Dari beberapa nilai pendidikan karakter tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa film animasi Syamil dan Dodo ini mengandung nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Film Animasi Syamil dan Dodo.
Subjects: 700 The arts > 707 Education, research, related topics
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Septiani Nurul Choeriyah sdr
Date Deposited: 14 Feb 2021 14:31
Last Modified: 14 Feb 2021 14:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item View Item