Isna, Fatimatuz Zahroh (2021) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA'ARIF NU I PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Isna Fatimatuz Zahroh_Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di MI Ma'arif NU I Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses perubahan di dalam kepribadian yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan dan kepandaian. Perubahan ini bersifat menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Pembelajaran yang dilakukan dalam dunia pendidikan saat ini berpacu pada kebijakan baru yaitu dengan menerapkan sistem pendidikan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Ciri pendekatan saintifik itu melalui lima kegiatan yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik ini sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran sains atau yang biasa kita sebut dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pembelajaran IPA tidak hanya berpacu pada aspek kognitif saja, tetapi terdapat aspek ketrampilan dan aspek sosial yang ada di dalamnya. Sasaran IPA adalah cara mengetahui alam secara sistematis baik berupa konsep, hukum, prinsip, dan proses penemuan. MI Ma’arif NU 1 Pageraji juga menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran ini ada di kelas tinggi yaitu kelas 4, 5 dan 6. Peneliti melakukan penelitian di kelas 4, karena pada kelas itu awal dari adanya pembelajaran IPA yang lebih mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field reseacrh. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang ada dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data dengan metode triangulasi baik sumber, teknik, dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan peniliaian pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU I Pageraji. Hasil penelitian pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas 4 MI Ma’arif NU I Pageraji yaitu pada perencanaan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari, dalam pelaksanaannya pembelajaran IPA menggunakan tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan, pada evaluasi guru menilai dari seluruh proses pembelajaran yaitu dari sikap, pengetahuan ataupun ketrampilan. Dengan pendekatan saintifik ini pembelajaran lebih aktif karena peserta didik antusias lebih tinggi dan dapat mengontruk pengetahuannya secara mandiri. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, IPA, MI Ma’arif NU I Pageraji
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik IPA MI Ma'arif NU I Pageraji |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Isna Fatimatuz Zahroh |
Date Deposited: | 13 Feb 2021 23:49 |
Last Modified: | 13 Feb 2021 23:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
View Item |