STRATEGI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DI KELAS TAKHASSUS PON.PES. AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 LELER, RANDEGAN, KEBASEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Muhammad, Rizqi Aulia (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DI KELAS TAKHASSUS PON.PES. AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 LELER, RANDEGAN, KEBASEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD RIZQI AULIA_STRATEGI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DI KELAS TAKHASSUS PON.PES. AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 LELER, RANDEGAN, KEBASEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020-2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara (mahārah al-kalām) merupakan kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi, merupakan salah satu ketrampilan yang harus dikuasai siswa ketika ingin berkomunikasi dengan bahasa Arab, dan harus selalu diungkapkan agar siswa menjadi terbiasa, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik, sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan, tidak menjadikan siswa merasa bosan dan tidak monoton. Dengan demikian peneliti dalam hal ini akan mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran mahārah al-kalām di kelas takhassus Pon.Pes. At taujieh al Islamy 2 Andalusia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data reducation (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz dalam menyajikan pembelajaran untuk meningkatkan mahārah al-kalām dengan memperhatikan prinsip-prinsip strategi pembelajaran, seperti: berorientasi pada tujuan, aktivitas dan integritas. Ustadz menggunakan strategi yang bervariatif, diantaranya: praktik mufradat, menjawab pertanyaan, ulang ucap, latihan asosiasi dan identifikasi, hapalan dialog (al-hifzh ‘ala al-hiwar), bercerita, dan diskusi/Problem Solving (hill al-musykilāt). Selain itu terdapat faktor lain yang menunjang, seperti: lingkungan bahasa/bi’ah lughawiyyah dan pengajar yang berkompeten. Dan dalam pemilihan strategi pembelajaran, ustadz mempertimbangkan berbagai faktor, meliputi: karakteristik dari peserta didik, bahan ajar, waktu yang tersedia, sarana/prasarana belajar, dan kemampuan ustadz dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran. Namun masih terdapat hal yang belum mendapat perhatian seperti mengenai prinsip individualitas dan faktor kompetensi dasar yang diharapkan. Kata kunci : strategi pembelajaran, kelas takhassus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kalam
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Rizqi Aulia sdr
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:24
Last Modified: 11 Feb 2021 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item