LAYANAN TERAPI OKUPASI BAGI ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI KLINIK FISIO_CARE PURWOKERTO

Ega, Dinianti (2021) LAYANAN TERAPI OKUPASI BAGI ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI KLINIK FISIO_CARE PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EGA DINIANTI_LAYANAN TERAPI OKUPASI BAGI ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI KLINIK FISIO_CARE PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_bab1_bab5_dapus ega.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tunagrahita merupakan salah satu gangguan anak yang ditandai dengan gangguan keterlambatan dalam bidang kognitif, intelektual, emosi, sikap, komunikasi, ketertarikan sosial dan perilakunya, dalam landasan yuridis yaitu UUD 1945 pasal 31 yang berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”. Terapi okupasi bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kemampuan fisik dan mental anak untuk mengikuti kegiatan yang melibatkan motorik kasar dan halus agar anak dapat mandiri dan dapat berkembang serta diterima ditengaH masyarakat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui layanan terapi okupasi bagi anak penyandang tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambiL lokasi penelitian di Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu terapis dan orang tua anak penyandang tunagrahita. Data-data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa terapi okupasi untuk anak penyandang tunagrahita di klinik Fisio_care membawa pengaruh yang baik, anak perlahan bisa berkembang dengan harapan dan tujuan para orang tua. Penerapan terapi okupasi dalam keseharian di mulai dengan menentukan tujuan terapi, tujuan jangka panjang anak tunagrahita disesuaikan dengan area kinerja di atas seperti aktivitas sehari-hari, berarti anak diharapkan mampu untuk memakai baju sendiri, mandi sendiri. Produktivitas lebih mengarahkan anak untuk belajar dan memiliki usaha serta kemauan untuk belajar. Pemanfaatan waktu luang seperti bermain atau disesuaikan dengan hobi anak karena okupasi terapi di Kinik Fisio_care Purwokerto lebih difokuskan terhadap kegiatan akademik, maka tujuan jangka pendeknya lebih ke arah produktivitas anak dalam hal pra akademik dan selanjutkan akan menuju ke aktivitas sehari-hari dalam hal kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Okupasi, tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ega Dinianti
Date Deposited: 07 Feb 2021 14:45
Last Modified: 07 Feb 2021 14:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

View Item View Item