IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN

Siti, Rohmaniyah (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab v_Daftar Pustaka..pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Rohmaniyah_Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik Integratif di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al Amin Pabuwaran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menekankan pada pelajaran agama Islam, pada awalnya tujuan dari pendidikan pesantren hanya untuk mengajarkan ilmu-ilmu agama dengan menggunakan kitab-kitab klasik atau kitab kuning sebagai bahan ajar. Akan tetapi di era globalisasi seperti saat ini, pesantren dituntut untuk mampu mengintegrasikan atau memadukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum agar santri lulusan pesantren tidak hanya memiliki pengetahuan yang terbatas pada pengetahuan agama, tidak gagap dalam menghadapi tantangan zaman serta dapat mencetak santri yang memiliki intelektual muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian, penulis mengetahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif yang dilakukan di pondok pesantren Al-Qur’an Al-Amin yaitu proses pembelajaran dilakukan dengan memadukan beberapa disiplin ilmu atau mengintegrasian antara ilmu agama dan ilmu umum. Selain itu ada beberapa kegiatan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran holistik integratif diantaranya yaitu: kelas bahasa, pelatihan hadroh, pelatihan khitobah, pelatihan silat dan bulu tangkis, pelatihan desain grafis dan pelatihan kaligrafi serta kelas kepenulisan. Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Holistik Integratif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Holistik Integratif
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siti Rohmaniyah
Date Deposited: 07 Feb 2021 07:14
Last Modified: 07 Feb 2021 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item