STUDI KORELASI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON

Evrida, Baiti Islami (2021) STUDI KORELASI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Evrida Baiti Islami_Studi Korelasi Kecemasan dan Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_bab 1_bab 5_dapus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecemasan yang dialami sebagian besar siswa kelas VIII dalam belajar matematika di SMP Negeri 1 Kemangkon. Dari berbagai referensi adanya kecemasan ini diduga memiliki keterkaitan dengan nantinya kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecemasan belajar matematika dan kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kemangkon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah 255 siswa dan sampelnya adalah 159 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemangkon. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji normalitas dan uji korelasi kendall tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecemasan belajar matematika dan kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Kemangkon yang sangat sangat rendah sehingga hampir tidak ada hubungan antara kecemasan belajar matematika dan kemampuan pemahaman konsep matematika karena siswa dapat mengendalikan kecemasannya tetapi tidak bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman selama belajar di rumah. Kata kunci: Kecemasan Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Evrida Baiti Islami
Date Deposited: 04 Feb 2021 02:56
Last Modified: 04 Feb 2021 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item View Item