MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

NOVIATUN KHASANAH, NIM. 1223303024 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NOVIATUN KHASANAH_ MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 3 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Pentingnya pendidikan perlu adanya strategi dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Dimulai dari kelas olahraga yang merupakan kelas yang mampu mengembangkan kemampuan bakat yang dimilikinya, karena bukan hanya dari pihak sekolah yang memberikan pembinaan namun dari pihak KONI ikut serta dalam membina atlit tersebut. Sehingga diharapkan dalam melakukan kegiatan pembinaan lebih maksimal. Tujuan dari kelas olahraga tersebut adalah mengembangkan bakat yang dimilikinya secara optimal. Karena prestasi dapat diraih bukan hanya dalam bidang akademik namun juga dalam bidang non akademik. Yang mereka tanpa sadari bahwa olahraga dalam pendidikan juga termasuk penting dan mampu menghasilkan prestasi. Sedangkan manfaat dan tujuan penulisan ini adalah mengetahui antara idealismeteori dengan realitas manajemen pembinaanprestassi kelas khusus olahraga SMA Negeri 3 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah SMA Negeri 3 Purwokerto, subyek penelitian adalah kepala SMA Negeri 3 Purwokerto dan Kaprodi Olahraga. Obyek penelitian ini adalah manajemen pembinaan prestasi kelas khusus olahraga. Metode pengumpulan datanya yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yakni pertama reduksi data adalah merangkum, memilih hak-hal yang pokok memfokuskan pada hal-hal yang penting dicari tema dan polanya dan membuang hal-hal yang tidak diperlukan. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk naratif dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah manajemen pembinaan prestasi kelas khusus olahraga SMA Negeri 3 Purwokerto sudah berjalan dengan baik yakni dari perencanaa, pelaksanaan, pengecekan, dan menindaklanjuti. Dari proses perencanaan melalui tahapan merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan, memilih guru sebagai pembina, mengidentifikasi bakat yang dimiliki, dan pembiyaan yang nantinya akan dikeluarkan untuk proses kegiatan pembinaan prestasi kelas khusus olahraga. Kemudian pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah direncanakan, meskipun masih ada kendala yang terdapat pada siswanya karena kurang semangat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan pembinaan. Pengecekan dilakukan dengan menggunakan raport dan prestasi-prestasi yang telah diraih. Sedangkan menindaklanjuti dari sebelumnya dengan adanya siswa yang kurang semangat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan pembinaan maka dari pihak sekolah langsung mengatasi kendala tersebut yaitu dengan menambah intensitas latihan, mendisiplinkan siswa, dan mendatangkan narasumber psikolog dari luar dengan harapan siswa-siswa dapat lebih semangat dan bersungguh-sungguh lagi dalam mengembangkan bakat yang telah dimilikinya. Kendala-kendala dalam manajemen pembinaan prestasi kelas khusus olahraga sejauh ini dapat diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembinaan Prestasi Kelas Khusus Olahraga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:16
Last Modified: 29 Aug 2016 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item