PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATN BANYUMAS (STUDI KASUS DI RW I DAN RW II DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS)

SITI, ROCHANI (2020) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATN BANYUMAS (STUDI KASUS DI RW I DAN RW II DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-SITI ROCHANI-1617406037.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_bab 1_bab V_dapus.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 10 keluarga yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Manfaat dari penelitian ini yaitu bagi orang tua diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat mengenai pengembangan nilai dan moral pada anak usia dini dalam lingkungan keluarga, bagi masyarakat yaitu dapat digunakan sebagai informasi tentang pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini dalam lingkungan keluarga, dan bagi peneliti yaitu dapat menambah pengalaman dan wawasan tentang pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini dalam lingkungan keluarga. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Anak-anak dalam lingkungan keluarga di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas sebagai subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran penting dalam pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini. Hal yang dapat dilakukan keluarga untuk mengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini dapat dilakukan dengan meniru cara beribadah yang benar seperti dalam gerakan sholat, mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu seperti do’a mau makan dan do’a mau tidur, mengenal perilaku baik/sopan dan buruk dapat dilakukan dengan cara menghormati orang yang lebih tua dan dapat berbicara yang sopan atau baik dengan orang yang lebih tua, membiasakan diri berperilaku baik dapat dilakukan dengan anak dapat bersosialisasi dengan cara bermain yang baik dengan teman sebayanya, mengucapkan salam dan membalas salam dapat dilakukan dengan cara anak dapat mengucapkan salam ketika bertamu maupun dapat membalas salam ketika ada orang yang memberi salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini, Lingkungan Keluarga.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI ROCHANI
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:13
Last Modified: 08 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item