MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS

UMI UMAYAH, NIM. 102333084 (2014) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
UMI UMAYAH_MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Madrasah adalah hasil perkembangan modern dari pendidikan pesantren atau dengan kata lain madrasah merupakan perpaduan sistem pendidikan pesantren dengan pendidikan kolonial. Keberadaan madrasah secara histori tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan pesantren di Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas madrasah perlu adanya pengelolaan yang terencana dengan tujuan- tujuan yang jelas, perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran, dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran maka perlu adanya pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. dalam pelaksanaan kurikulum meliputi pelaksanaan perencanaan, pelaksanaan pengorganisasian, pelaksanaan kurikulum dan pelaksanaan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu waka kurikulum dan kepala madrasah diniyah juga pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum yang ada di Madrasah diniyah pondok pesantren Ath-thohiriyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Perencanaan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren Aththohiriyyah telah terlaksana dengan baik dengan adanya perencanaan tujuan, materi pelejaran, alokasi waktu dan jenis evaluasi. 2. Pengorganisasain kurikulum telah berjalan dengan baim terlihat dari adanya pengorganisasaian tugas mengajar yang disesuaikan dengan kemampuan ustad, pengorganisasaian saranan dan prasarana yang disesuaiakan denagn jumlah santri dan pengorganisasian peserta didik. 3. Pelaksanaan kurikulum sudah berjalan dengan baik dimana dalam proses pembelajaran ditentukan alokasi waktu yang sesaui dengan keadaan santri , materi yang digunakan juga menyesuaikan dengan kebutuhan santri. 4. Pengawasan atau evaluasi kurikulum sudah dilakukan dengan baik terlihat dari adanya evaluasi pada proses belajar mengajar dan evaluasi pada kemampuan belajar santri. Kata Kunci : Madrasah, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:43
Last Modified: 29 Aug 2016 04:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item