PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG MARKETER (STUDI KASUS DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Fianingsih, Fianingsih (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG MARKETER (STUDI KASUS DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIANINGSIH_Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kampung Marketer.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan pemberian power kepada yang powerless, karena dengan memiliki power mereka yang terhimpit dalam ketidakberdayaan akan dapat melaksanakan proses aktualisasi-eksistensi dirinya. Secara struktur, manusia memang perlu diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan eksistensinya (self-actulization), karena aktualisasi diri merupakan kebutuhan dasar manusia. Kondisi ketidakberdayaan masyarakat dapat disebabkan berbagai faktor. Yaitu diantaranya Faktor Ekonomi dan Faktor Sosial Budaya, Dimana Faktor Ekonomi meliputi: kurangnya modal dan rendahnya teknologi. Sedangkan Faktor Sosial Budaya, yang meliputi: Rendahnya Keahlian & Pendidikan, Terbatasnya kesempatan kerja. Maka, Pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketidakberdyaan masyarakat tersebut. Dalam hal ini pemberdayaan tersebut dapat dilakukan melalui sebuah organisasi yaitu Kampung Marketer. Dimana Kampung Marketer sudah banyak memberdayakan warga desa. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Marketer. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data meggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Marketer maliputi input, learning process, output, outcome, dan wirausaha muda mandiri. Dimana warga desa yang masuk ke Kampung Marketer mengikuti proses pembelajaran sebagai customer service, social media admin, dan content writer yang dilakukan selama 1 minggu dan advertiser dilakukan selama 1 bulan. Program pemberdayaan yang berkolaborasi dengan pembisnis online memasarkan produk, dengan mempraktikan keterampilan apa yang sudah diajarkan. Hari kerja para sumber daya manusia Kampung Marketer yaitu hari Senin sampai Sabtu, dimulai pada jam 8 pagi sampai 4 sore. Dan Pemberdayaan menekan masyarakat desa (individu/kelompok) memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan kekuasaan yang cukup untuk mempengaruhi kehidupannya dan kehidupan orang lain yang menjadi perhatiannya. Kata kunci : Pemberdayaan masyarakat, Kampung Marketer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kampung Marketer
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fianingsih Fianingsih sdr
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:55
Last Modified: 22 Dec 2020 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item