PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 03 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Tri Anita, Ayu Wijayanti (2020) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 03 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Daftar Isi_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Anita Ayu Wijayanti_Perbedaan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Menulis cerpen atau cerita pendek memang bukanlah hal yang mudah. Cerita pendek atau disebut cerpen merupakan sebuah cerita naratif yang fiktif yang dikarang oleh seseorang. Cerpen yang telah ditulis biasanya terinspirasi dari kisah nyata, kadang hanya alur imajinasi penulis saja. Cerpen itu sendiri bukan hanya sebuah tulisan ringan yang bisa kita tulis dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media gambar dengan yang tidak menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan statistika deskriptif. Berdasarkan dari analisis data menunjukkan hasil penelitian yaitu kategori kemampuan menulis cerita pendek peserta didik yang tidak menggunakan media gambar adalah rendah, sedangkan yang menggunakan media gambar adalah sedang, tinggi, sangat tinggi dan ada perbedaan kemampuan menulis cerita pendek peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas antara yang menggunakan media gambar dan yang tidak menggunakan media gambar. Kemampuan menulis cerita pendek peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumasyang diajar menggunakan media gambar lebih baik dibanding yang tidak menggunakan media gambar. Hal itu dilihat dari hasil skor rata-rata yaitu 77,6 sedangkan hasil skor rata-rata yang tidak menggunakan media gambar yaitu 63,0. K

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis, cerita, pendek, media, gambar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Anita Ayu Wijayanti sdr
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:43
Last Modified: 21 Dec 2020 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9093

Actions (login required)

View Item View Item