STRATEGI GUS MUHAMMAD ARINAL HAQ DALAM MENCIPTAKAN PENGHAFAL HADITS DI PONDOK PESANTREN AL-AQOBAH 4 JOMBANG JAWA TIMUR

Nurul, Hidayah (2020) STRATEGI GUS MUHAMMAD ARINAL HAQ DALAM MENCIPTAKAN PENGHAFAL HADITS DI PONDOK PESANTREN AL-AQOBAH 4 JOMBANG JAWA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurul Hidayah_STRATEGI GUS MUHAMMAD ARINAL HAQ.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gus Muhammad Arinal Haq merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Aqobah 4 Jombang Jawa Timur. Beliau mendirikan Pondok Pesantren Al-Aqobah 4 karna ingin menghidupkan kembali kajian-kajian hadits serta program menghafal hadits yang sangat jarang diterapkan di Pondok Pesantren yang ada di Indonesia. Beliau mendirikan Pondok Pesantren Al-Aqobah 4 dengan Program Unggulan salah satunya menghafal hadits dengan konsep “one day one hadits five ayat” yang mana seluruh santri diwajibkan menghafalkan satu hari satu hadits dan lima ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Gus Muhammad Arinal Haq dalam menciptakan penghafal hadits di Pondok Pesantren Al-Aqobah 4 Jombang Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian stegi Gus muhammad Arinal Haq sudah sesuai dengan tahap-tahapan strategi meliputi Perumusan Strategi dengan mendirikan Pondok Pesantren Al-Aqobah 4, melaukan Pengorganisasian dan membuat Jadwal Kegiatan Harian, Mingguan, Bulanan serta Tahunan. Implementasi Strategi dengan melakukan kegiatan menghafal hadits dengan menyetorkan hafalan hadits setiap harinya, yang diawali dengan Takror terlebih dahulu lalu dimulai dengan membaca do’a sebelum belajar, kemudian ustadzah membacakan hadits yang akan disetorkan sebanyak tiga kali dan santri mengikuti, kemudian santri menyetorkan hafalannya secara individu, kemudian memberikan penjelasan hadits yang dihafalkan secara mendalam dan diakhiri dengan salam dan sholawat Nabi. dan Evaluasi Strategi dengan melakukan evaluasi harian dan juga Tahunan dengan sebutan Munaqosyah terbuka untuk mendapatkan nilai kelulusan Pesantren. serta memberikan strategi menghafal yang diterapkan kepada santri, diantaranya: 1) Memahami hadits yang akan dihafalkan, 2) Mengulang-ngulang sebelum menghafal, 3) mendengarkan sebelum menghafal, 4) Menulis sebelum menghafal, 5) memilih waktu emas, 6) memilih tempat yang tepat, 7) menggunakan satu mushaf (Kitab), 8) mengulang hafalan, 9) disetorkan kepada pengampu. Kata Kunci: Strategi, Strategi Menghafal, Penghafal Hadits, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Strategi Menghafal, Penghafal Hadits, Pondok Pesantren.
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 16 Dec 2020 17:54
Last Modified: 16 Dec 2020 17:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item